• Jl. Cendekia No.22, Ngampel, Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62181

  • September 27, 2018

OSKASA 2018: Selamat Datang Mahasiswa Baru

OSKASA 2018: Selamat Datang Mahasiswa Baru

OSKASA 2018: Selamat Datang Mahasiswa Baru 1024 683 dimas

Kampus STIE Cendekia Bojonegoro mengadakan Orientasi yang dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 13 September 2018 hingga tanggal 16 September 2018. Kegiatan ini bertujuan untuk pengenalan terhadap lingkungan perkuliahan sekaligus pengukuhan sebagai mahasiswa baru. Selain itu OSKASA pada tahun ini juga ingin mendekatkan civitas Stiekia dengan masyarakat yang ada disekitar kampus.

Pada hari pertama, diadakan acara pembukaan dan pengenalan terhadap bagian akademik yang dihadiri oleh ketua STIE Cendekia Bapak Tri Suwarno, SH.,MM beserta jajarannya. Dilanjutkan dengan pengenalan oleh para Wakil ketua dan staf akademik. Hal ini bertujuan supaya nantinya mahasiswa lebih mudah dalam mengurus segala sesuatunya yang berkaitan dengan masalah akademik. Pada hari kedua, kegiatan Oskasa tentang pengarahan-pengarahan yang diisi oleh para narasumber yang berasal dari Polres Bojonegoro dan KPP Pratama kabupaten Bojonegoro. Narasumber yang berasal dari Polres Bojonegoro diwakili oleh Bapak AKP. Bambang Ady Tringgani  yang menyampaikan materi tentang pencegahan terorisme dan radikalisme serta pencegahan narkoba bagi generasi muda. Sedangkan materi yang diberikan oleh KPP Pratama Bojonegoro berisi tentang pajak milenial generasi muda. Setelah para narasumber selesai menyampaikan materinya, para peserta Oskasa diarah memasuki Expo UKM yang berada di Hall gedung baru Stiekia.

Materi-materi yang diberikan kepada mahasiswa baru tidak hanya sekedar pengenalan lingkungan kampus, tetapi juga workshop tentang pelatihan kewirausahaan yang dibimbing oleh perwakilan dari Bukalapak.com yaitu bapak Purnomo Jiman Batur. Sesuai dengan visi dan misi Stiekia yang ingin membentuk jiwa kewirausahaan para mahasiswa maka kegiatan tersebut sangat tepat. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mempraktikkan berbisnis melalui online shop. Dengan pengenalan dini terhadap kewirausahaan tersebut, diharapkan kedepannya mahasiswa semakin terasah jiwa kewirausahaannya. Acara selanjutnya adalah outbond, dimana para mahasiswa baru dipandu oleh para fasilitator (kepanitiaan Oskasa dari mahasiswa) melakukan serangkaian game fun yang mengasah kebersamaan antar mahasiswa. Para mahasiswa tampak sangat menikmati tiap-tiap tantangan yang diberikan oleh fasilitator,  suasana yang cair antar mahasiswa serta fasilitator begitu tampak. Sesuai dengan konsepnya, pelaksanaan Oskasa tahun 2018 ini memadukan kegiatan formal dan fun. Hal ini supaya mahasiswa tidak jenuh dengan serangkaian kegiatan formal sehingga dibutuhkan unsur-unsur kegiatan yang menghibur.

Kampus STIE Cendekia juga berusaha untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat sekitar kampus. Usaha tersebut diwujudkan dengan mengadakan kegiatan jalan sehat yang melibatkan warga masyarakat umum. Pelaksanaan jalan sehat tersebut diadakan bertepatan hari terakhir kegiatan Oskasa yaitu hari minggu, 16 September 2018. Warga masyarakat antusias mengikuti acara tersebut. Acara jalan sehat tersebut terbilang cukup sukses dimana jumlah kupon yang terjual kepada warga masyarakat hampir mencapai 1.000 kupon tiket. Jumlah tersebut belum termasuk tiket yang terdistribusikan kepada para mahasiswa. Kegiatan Oskasa hari terakhir ini dilanjutkan dengan pertunjukan formasi yang dilakukan oleh para mahasiswa dan pengenalan tentang Yayasan Al Khairiyah yang disampaikan langsung oleh Ketua Yayasan Al Khairiyah bapak H. Yasmani, S.Pd.,M.Pdi.

Secara keseluruhan kegiatan Oskasa tahun 2018 berjalan dengan lancar dan sukses. Apresiasi yang besar ditujukan kepada para fasilitator yang telah bekerja sangat keras untuk kesuksesan acara ini. Keberhasilan Oskasa tahun 2018 ini semoga dapat dijadikan sebagai referensi untuk pelaksanaan Oskasa tahun berikutnya supaya lebih sukses. Loyalitas, Totalitas, Jaya Almamaterku..

Leave a Reply

Subscribe to our newsletter