LDMC

Mahasiswa atau pemuda sejak dahulu telah terbukti menjadi agen perubahan di setiap masanya. Mahasiswa atau pemuda adalah aset terbesar suatu bangsa karena dengan keberadaan dan kontribusinya sebuah bangsa memiliki harapan di masa yang akan datang. Mahasiswa atau pemuda memilki idealisme yang kuat dan kental. Dengan prinsip yang dimiliki oleh mahasiswa atau pemuda, maka nilai-nilai luhur suatu bangsa bisa terjaga, dimana mahasiswa atau pemuda melakukan sebuah perjuangan atau pergerakan murni atas dasar pemahaman yang dimiliki.

Manusia diciptakan di dunia ini sebagai pengelola bumi beserta isinya untuk kemakmuran dan kesejahteraan banyak manusia. Sudah menjadi hakekat manusia untuk saling menyampaikan risalah kebenaran Islam kepada sesama manusia. Menjadi seorang da’i sebelum menjadi apapun adalah sebuah tuntutan bagi setiap individu muslim.

Dakwah kampus merupakan sebuah fase yang penting dalam dakwah secara umum. Salah satu tujuannya adalah mensuplai alumni yang berafiliasi terhadap Islam serta mengoptimalkan peran kampus dalam proses transformasi masyarakat menuju masyarakat yang madani. Dengan peran ini, maka dakwah kampus merupakan sebuah dakwah yang harus dilakukan. Untuk seorang Aktivis Dakwah Kampus, dakwah di kampus juga bisa dijadikan sebagai tempat latihan beramal, mempersiapkan diri untuk memasuki medan dakwah yang lebih berat, yakni dakwah di masyarakat kelak.

Lembaga Dakwah Kampus (LDK) pada suatu kampus menjadi sebuah kebutuhan. Dia berfungsi sebagai garda terdepan dalam syi’ar Islam di Kampus. Dia mempunyai fungsi utama dalam hal dakwiy (syi’ar dan kaderisasi) dan khidamy (pelayanan). Dua fungsi utama ini menjadi target awal bagi sebuah LDK dalam menjalankan amanahnya. Seiring waktu berjalan, ternyata LDK dirasa perlu melakukan sebuah ekspansi terhadap agenda dakwahnya ke arah siyasi (social dan politik), faniy (keprofesian) dan ilmiy (keilmuan).

Adanya ekspansi dakwah ini bertujuan agar dakwah yang dilakukan bisa merangkul semua masyarakat dan melingkupi semua aspek kehidupan. Tentunya dalam menjalankan segala hal di dalam hidup ini –termasuk dalam menjalankan amanah dakwah– dibutuhkan sebuah pedoman. Dalam dakwah, pedoman sangat diperlukan agar dakwah yang kita lakukan memiliki koridor dan tujuan yang jelas. Selain pedoman, diperlukan juga basis pemahaman yang kuat tentang dakwahnya sendiri. Pemahaman inilah yang nantinya melandasi aktivitas kita dalam berkarya amal dakwah.

Stie Cendekia Bojonegoro

Logo STIE

Jl. Cendekia No : 22, Bojonegoro Jawa Timur, PO. BOX 250, Telp : (0353) 3410064, Fax  :  (0353) 3410001,

Sub Unit

  • Headline
  • Agenda
  • Pengumuman
  • Lowongan
  • Artikel

Pengunjung

149388
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All_Days
120
161
281
144796
5015
26827
149388
Your IP: 54.221.93.187
Server Time: 2017-12-11 07:22:48