CONGRAT GUYS, UKM GMAIL Berhasil Juara 2 di Universitas Brawijaya Malang

Written by admin stie. Posted in Berita

Picture1

“HASIL TAK AKAN MENGHIANATI USAHA” kalimat itulah yang sesuai untuk menggambarkan perjuangan dari temen-temen kita yang tergabung dalam UKM GMAIL. Lia Defita Sari, Lailatul Mukarromah, dan Sania Nur Rahma telah berhasil menyabet juara 2 dalam lomba BEYOND (Brawijaya Young Entrepreneur Olympiad) di Universitas Brawijaya pada tanggal 27 November 2016. Brawijaya Young Entrepreneur Olympiad diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya dan diikuti oleh beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta, antara lain dari Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Airlangga, dan tentunya dari STIE Cendekia Bojonegoro. Jadi suatu kebanggan bagi kami bahwasannya mahasiswa STIEKIA dapat bersaing dengan perguruan tinggi ternama lainnya.

Pada olimpiade entrepreneur ini Lia dkk mengambil judul tentang “Diversifikasi Berbasis Starpreneur Terpadu” atau disingkat D’Best. Proposal dari D’Best mengangkat tentang potensi yang ada di Agrowisata kebun belimbing di desa Ngringinrejo, kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro. Isi dari proposal tersebut menjelaskan tentang bagaimana membuat olahan buah belimbing dibuat menjadi beraneka ragam produk olahan jadi sebagai oleh-oleh bagi pengunjung. Pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di sekitar angrowisata. Pengambilan tema potensi agrowisata buah belimbing dikarenakan wilayah tersebut memiliki potensi yang luar biasa besar untuk dikembangkan menjadi daerah wisata yang berdasar saing, baik secara lokal maupun nasional.

Perjalanan para mahasiswa kita dalam memperoleh juara 2 di BEYOND tidaklah mudah. Perjuangan keras mereka layak untuk diberikan apresiasi dan Alhamdulillah kerja keras mereka terbayarkan dengan mencapai juara 2. Walaupun belum berhasil mencapai juara 1 namun kita tetap bangga karena setidaknya kita sudah dapat bersaing dengan beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta yang notabene lebih besar dari kampus kami. Dan satu hal paling berharga yang diperoleh oleh para mahasiswa kami adalah mereka sadar bahwa mereka ternyata mampu untuk bersaing dengan mahasiswa dari perguruan tinggi yang lebih besar. Semoga pengalaman mereka dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk berprestasi.

Perjuangan Lia dkk diawali dengan penyusunan proposal dan penyebaran angket kepada para penjual buah belimbing di Agrowisata kebun buah belimbing desa Ngringinrejo. Interaksi dengan para penjual buah belimbing tersebut memberikan pengalaman tersendiri tentang bagaimana cara berkomunikasi dengan masyarakat, mengasah mental, dan keberanian. Selain itu, mereka bersyukur berkesempatan bertemu dan mengobrol dengan Bupati Bojonegoro langsung untuk memperoleh ijin melakukan penelitian di Agrowisata sekaligus meminta doa kelancaran untuk mengikuti lomba di Universitas Brawijaya tersebut.

Setelah proposal selesai disusun lalu dikirim ke panitia lomba BEYOND dan selang beberapa hari kemudian muncul pengumuman 10 tim yang dinyatakan lolos. Alhamdulillah, proposal D’Best menduduki peringkat ke-2 dari 10 tim yang lolos tersebut. Sesuatu yang sangat menggembirakan bahkan merekapun tidak membayangkan dapat mencapai peringkat tersebut sebelumnya. Hal tersebut semakin mendorong motivasi mereka untuk mencapai prestasi lebih baik, yaitu juara pertama. Mereka langsung menyusun powerpoint sesempurna mungkin untuk bahan presentasi.

Pada tanggal 26 November 2016, ketiga mahasiswi tersebut berangkat berangkat ke kota Malang secara mandiri dan tinggal di penginapan disekitar Universitas Brawijaya. Dan keesokan harinya mereka telah siap secara mental dan materi untuk memperebutkan juara. Saat tiba kesempatan tim D’Best, mereka dengan penuh kepercayaan diri mempresentasikan materi proposal. Presentasi telah selesai dan mereka telah menunjukkan perjuangan yang maksimal. Pengumuman juara baru akan diumumkan pada sore hari. Pada pukul 19.00 wib kami berkumpul kembali di aula kampus menunggu hasil pengumuman. Dann.. “ Selamat, untuk D’best menjadi juara 2..”, pemandu acara membacakan hasil juara yang diikuti oleh tepuk tangan dari segenap peserta yang hadir disana. Perasaan haru dan bahagia dirasakan oleh ketiga mahasiswi tersebut sembari mengucapkan syukur Alhamdulillah. Selain itu, Sania Nur Rahma masuk nominasi best speaker presentation. Terasa lengkap pencapaian tersebut. Adapun juara 1 dimenangkan oleh mahasiswa dari Universitas Brawijaya, juara 2 dimenangkan oleh mahasiswa dari STIE Cendekia Bojonegoro, dan juara 3 dimenangkan oleh mahasiswa dari Universitas Negeri Malang.

Semoga pencapaian tersebut mendorong pencapaian-pencapaian lain kedepannya dan membawa nama STIE Cendekia Bojonegoro bersaing ke tingkat yang lebih tinggi. Aamiin.

Picture2

Jangan pernah takut bermimpi, bermimpilah setinggi-tingginya karena suatu saat nanti pasti akan kau raih mimpimu itu. Allah maha Segalanya, segala apa yang kita lakukan. Dan tetaplah berjuang serta bertawakal..

……………..……… Lia Defita S., Lailatul M., Sania Nur R. …………………………

Stie Cendekia Bojonegoro

Logo STIE

Jl. Cendekia No : 22, Bojonegoro Jawa Timur, PO. BOX 250, Telp : (0353) 3410064, Fax  :  (0353) 3410001,

Sub Unit

  • Headline
  • Agenda
  • Pengumuman
  • Lowongan
  • Artikel

Pengunjung

149430
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All_Days
162
161
323
144796
5057
26827
149430
Your IP: 54.221.93.187
Server Time: 2017-12-11 07:31:43