3 Tips Membuat LOGO Versi ARTBrain Design

Written by admin stie. Posted in Opini

logo

Salam Otak Kanan dan SemangArt !!!

Pada Kesempatan ini saya akan membahas 3 tips membuat logo khusus untuk kalian. Mengetahui pengertian logo terlebih dahulu, Logo adalah suatu lambang atau gambar  yang digunakan sebagai identitas agar apa yang mereka miliki dikenal oleh masyarakat luas ,itu menurut saya. Tetapi banyak pendapat diluar sana yang berbeda namun intinya sama yaitu sebagai identitas supaya dikenal.  Bicara tentang logo, dalam organisasi apapun entah itu perusahaan , UKM , yayasan dan lain sebagainya pasti memiliki logo atau identitas pengenal. Perana sebuah logo sangatlah penting dalam aspek apapun apalagi dalam dunia usaha. Tak jarang banyak usaha yang tidak dapat survive di dunia usaha karena usaha mereka kurang dikenal oleh masyarakat. Salah satunya karena mereka salah atau kurang cerdas dalam memilih logo, yang mengakibatkan usaha mereka kalah sebelum berperang. Selain itu logo juga sangat berpengaruh terhadap keselarasan visi dan misi sebuah perusahaan atau instansi. Banyak instansi yang menyelaraskan visi dan misi dalam logo mereka terutama dalam pemerintahan, seperti logo dinas pendidikan, departemen agama, dan lain lain. Mereka menggunakan lambang dan warna yang selaras dengan visi dan misi perusahaan. Tidak usah bercerita panjang lebar, langsung saja lanjut ke 3 tips versi ARTBRAIN DESIGN  :

  1. Pilih bentuk logo yang simple dan mudah diingat

Bentuk dan pemilihan gambar di dalam pembuatan logo sangatlah penting. Selain memberikan ciri khas, pemilihan bentuk maupun gambar yang simple mampu membantu konsumen untuk mudah mengingat identitas yang kita kenakan. Terkadang untuk membuat logo para pemilik usaha cenderung memilih gambar dan bentuk yang rumit , karena mereka mempunyai harapan identitas meraka terlihat elegan dan berbeda dengan yang lain. Padahal dengan menggunakan gamabar dan bentuk yang rumit justru membuat konsumen mudah lupa dan sulit mentranformasikan filosofi yang terkandung di dalamnya. Contohnya seperti Mc Donald yang mengguanakan logo simbol huruf M yang diberi warna kuning dengan background merah yang sangat simple sehingga mudah diingat dan di kenali oleh konsumen lokal maupun internasional. Sehingga banyak konsumen yang tertarik dan mampu mendongkrak penjualan produk – produk yang dijualnya.

  1. Gunakan komposisi warna yang selaras (maksimal 3 warna)

Selain bentuk yang simpel dan mudah diingat warna juga berperan banyak dalam penyempurnaan logo atau identitas suatu produk. Penggunaan warna harus sesuai dengan target konsumen yang nanti akan kita pasarkan. Untuk target kosumen anak – anak usahakan menggunakan warna yang soft dan kalem , bila mana akan menggunakan warna yang cerah gunakan warna yang mencolok sekalian supaya  warna tersebut dapat dilihat dengan jelas dan disukai anak – anak. Namun jika target konsumen anda remaja atau dewasa warna yang digunakan harus yang ngejreng dan bervariasi. Karena tipical anak muda jaman sekarang suka memadupadankan warna. Perusahaan yang mampu memberikan komposisi warna yang pas dan mudah diingat adalah salah satunya indomaret. Dengan memilih komposisi tiga warna yang kontras yaitu kuning, merah dan biru, toko swalayan ini mampu menanamkan ingatan kepada konsumen bahwa ketika menjumpai logo dengan komposisi warna tersebut berarti kita dekat dengan indomaret dan bisa berbelanja. Bahkan anak – anak kecil yang belum bisa membacapun tahu ketika melihat warna tersebut dijalan. Meskipun didukung juga dengan banyaknya cabang yang ada di seluruh indonesia.

  1. Terakhir berilah Filosofi atau harapan yang terkandung didalamnya logo.

Poin terakhir ini sangatlah penting yaitu tentang filosofi dan harapan yang harus diberikan didalam pembuatan logo. Karena setiap gambar atau unsur yang terkandung di dalam sebuah logo haruslah memiliki arti dan filosofi menurut tujuan perusahaan, instansi ataupun usaha kita. Biasanya filosofi yang diambil berdasarkan kesukaan dan pengalaman hidup, seperti logo produk elektronik Apple yang mana nama tersebut dipilih karena pendirinya sendiri tidak lain Steve Jobs menyukai buah apel. Namun pesan didalam simbol buah apel bermaksud memberikan suatu kesederhanaan dengan cara yang paling canggih.   Tapi tak jarang unsur yang di pakai sesuai dengan  harapan pemilik, supaya logo yang dibuat mampu memberikan pesan positif terhadap kelancaran usaha maupaun perusahaan yang di jalankannya, seperti logo Telkom Indonesia yang memiliki harapan/ekspektasi yang tinggi akan perubahan dan perkembangan dalam perusahaannya.

            Setelah memperlajari dan mengetahui tentang tips membuat logo ini, mulai sekarang buatlah logo yang lebih bermakna dan tidak asal asalan, tidak hanya bagus secara design tetapi harus mempunyai filosofi yang terkandung didalamnya. Buatlah karya seni yang mudah diingat dari nama maupun bentuk dari logo tersebut. Lalu padukan dengan komposisi warna yang pas dan selaras dengan visi misi yang dimiliki oleh perusahaan atuapun usaha kalian. Sehingga diharapkan dengan logo yang sudah kalian buat akan memberikan respon posistif terhadap konsumen dan membantu pemasaran dalam usaha ataupun perusahaan yang kalian jalankan. Supaya usaha ataupun perusahaan yang kalian jalankan dapat dikenal, tidak hanya konsumen lokal namun juga konsumen internasional. Karena pada dasarnya logo yang bagus bukan tentang kerumitan design  dan kesempurnaan bentuk , tetapi yang mampu memberikan ingatan, edukasi maupun history yang mengandung pesan positif dan harapan baik terhadap pemilik maupun konsumen. Salam Otak Kanan dan SemangArt !!

Aressa Haqqi N.
Penulis adalah Mahasiswa STIEKIA Semester VI

Stie Cendekia Bojonegoro

Logo STIE

Jl. Cendekia No : 22, Bojonegoro Jawa Timur, PO. BOX 250, Telp : (0353) 3410064, Fax  :  (0353) 3410001,

Sub Unit

  • Headline
  • Agenda
  • Pengumuman
  • Lowongan
  • Artikel

Pengunjung

149406
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All_Days
138
161
299
144796
5033
26827
149406
Your IP: 54.221.93.187
Server Time: 2017-12-11 07:26:45